Belitung Bersatu
Menurut James
F.Engel-Roger D.Blackwell-paul W.Miniard dalam saladin (2003:19) terdapat tiga
faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
1.
Pengaruh Lingkungan, terdiri dari
budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen
adalah memahami pengaruh lingkungan yang
membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi
mereka.
Konsumen hidup
dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi
oleh keempat faktor tersebut. Tour Belitung
2.
Perbedaan dan pengaruh individu,
terdiri dari motivasi dan keterlibatan,pengetahuan, sikap,kepribadian,gaya
hidup,dan demografi.
Perbedaan
individu merupakan faktor internal (interpersonal) yang menggarakan serta
mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh konsumen
dalam pengambilan keputusannya.
3.
Proses psikologi, terdiri dari
pengolahan informasi, pembelajaran,perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor
tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang
turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembeliannya. Belitung Tour
2.5
Manfaat Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen sangat beragam tergantung pada
pemanfaat atau pengguna. terdapat dua kelompok pemanfaat: kelompok peneliti
(riset) dan kelompok yang berorientasi implementasi (Peter dan Olson, 1999).
Peran perilaku konsumen bagi pemasar atau produsen adalah mampu:
1. Membujuk
konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan.
2. Memahami
konsumen dalam berperilaku, bertindak dan berpikir, agar pemasar atau produsen
mampu memasarkan produknya dengan baik.
3. Memahami
mengapa dan bagaimana konsumen mengambil keputusan, sehingga pemasar atau
produsen dapat merancang strategi pemasaran dengan baik.
Komentar
Posting Komentar